Jumat, 09 Maret 2012

Wikipedia


Tulisan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan tentang Wiki kepada putra / putri kita yang masih duduk di SD dan SMP. Bahasa yang digunakan disesuaikan untuk keperlian tersebut. Semoga dapat membuka wawasan mereka dalam mencari pengetahuan di Internet. Wikipedia pada hari ini identik dengan ensiklopedia atau sumber ilmu yang sangat kaya yang tersedia secara gratis di Interent. Ilmu pengetahuan dan informasi yang tersedia pada Wikipedia berjumlah belasan jutaan halaman dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Tampak pada gambar adalah tampilan Wikipedia.
Wikipedia adalah sebuah proyek ensiklopedia multi bahasa yang didukung oleh sebuah yayasan nirlaba Wikipedia Foundation. Wikipedia adalah campuran dua kata, yaitu, wiki dan ensiklopedia. Kata wiki berasal dari bahasa Hawaii yang berarti cepat. Belasan juta tulisan dan pengetahuan telah ditulis oleh jutaan relawan di seluruh dunia. Perlu ditekankan sekali lagi disini bahwa penulis Wikipedia merupakan sukarelawan yang tidak dibayar, mereka menulis karena suka untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain di dunia. Hal ini menjadikan Wikipedia sangat kuat.

Wikipedia pertama kali diluncurkan pada bulan Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Pada saat ini merupakan situs referensi paling populer di Internet.

Wikipedia bahasa Indonesia adalah versi bahasa Indonesia ensiklopedia Wikipedia sebagai ensiklopedia yang dapat disunting bebas oleh siapa saja yang terdapat dalam jaringan internet. Artikel pertama yang ditulis di Wikipedia bahasa Indonesia adalah Elektron yang ditulis pada 30 Mei 2003, namun Halaman Utama baru diisi sekitar enam bulan kemudian, pada 29 November 2003. Pada tanggal 3 Februari 2009 terdapat 97.363 artikel di Wikipedia bahasa Indonesia.

Wikipedia bahasa Indonesia dapat diakses pada alamat http://id.wikipedia.org. Tampilan Halaman Utama yang diberikan cukup menarik seperti tampak pada gambar.

Halaman Utama Wikipedia Bahasa Indonesia http://id.wikipedia.org

Secara umum berbagai menu dan fasilitas pada Wiki terdapat pada kolom paling kiri. Beberapa tulisan pilihan terdapat pada kolom di tengah. Sementara pada kolom paling kanan terdapat berita-berita terkini yang dapat dibaca.

Menu yang akan sangat bermanfaat bagi kita semua adalah menu pencari yang berupa kolom di bagian atas, juga di kolom sebelah kiri. Kita dapat memasukan kata kunci dari hal yang sedang kita cari pada kolom pencari yang disediakan.

CONTOH: MENCARI PENGETAHUAN DI WIKIPEDIA

Ketrampilan dalam mencari pengetahuan di Wikipedia akan sangat membantu dalam belajar dan menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru kita di sekolah. Pada kesempatan ini mari kita mencari pengetahuan tentang Sejarah Indonesia di Wikipedia berbahasa Indonesia.

Cobalah mencari tulisan, informasi atau pengetahuan tentang “Sejarah Nusantara” atau “Sejarah Indonesia”. Setelah membaca tentang sejarah di Wikipedia, buat tulisan pendek sekitar dua (2) paragraf tentang raja atau pahlawan yang kamu sukai. Terutama ceritakan mengapa pahlawan tersebut menjadi favorit mu?

Jawab:

Untuk mencari tentang Sejarah Nusantara atau Sejarah Indonesia sangat mudah sekali melalui Wikipedia bahasa Indonesia pada alamat http://id.wikipedia.org. Kita dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan memasuka kata kunci “Sejarah Nusantara” atau “Sejarah Indonesia” pada kolom kata kunci yang tersedia seperti di tampilkan pada Gambar.

Mencari Informasi Tentang Sejarah Nusantara di Wikipedia

Melalui wikipedia kita dapat memperoleh informasi tentang berbagai kejadian sejarah di masa lalu sebelum Indonesia merdeka maupun sejarah sesudah Indonesia. Ada banyak raja, kerajaan maupun pahlawan yang berperan di bumi Indonesia. Sebagian besar dari nama-nama dan latar belakang para raja dan pahlawan yang ada dapat di baca di Wikipedia.

Tentunya ada cara lain untuk memperoleh kisah para pahlawan atau orang-orang yang sangat berpengaruh di negara Indonesia. Beberapa kata kunci yang akan memperlihatkan daftar pahlawan atau orang penting di Indonedia atau nusantara antara lain adalah
  • Pahlawan Nasional Indonesia
  • Tokoh Indonesia

Melalui kata kunci di atas, kita akan memperoleh ratusan tokoh maupun pahlawan Indonesia. Melalui berbagai kisah perjuangan para tokoh maupun para pahlawan Indonesia, kita dapat belajar banyak akan kiprah mereka dalam membangun apa yang kita nikmati hari ini.

Bacalah dengan santai kisah-kisah para pahlawan dan tokoh Indonesia tersebut. Ceritakan dalam dua (2) paragraf pahlawan yang paling kau sukai. Mengapa pahlawan atau tokoh tersebut demikian memikatmu? Memang kadang kala apa yang tersedia di Wikipedia tidak terlalu lengkap, kita harus melakukan explorasi lebih jauh menggunakan Google atau membaca berbagai literatur di perpustakaan atau di toko buku. Dengan keterbatasan yang ada di Wikipedia sebetulnya cukup banyak informasi yang dapat kita peroleh tentang beberapa tokoh atau pahlawan penting di Indonesia.

CONTOH: MEMBUAT ACCOUNT DI INETWIKI

Untuk dapat menulis dengan baik di Wiki sebaiknya kita membuat Account pada situs Wiki tersebut. Pada contoh ini akan diperlihatkan cara membuat account di situs InetWIki yang beralamat di http://wiki.detikinet.com. Situs InetWIki adalah kontribusi dari situs DetikINet http://www.detikinet.com kepada pengguna teknologi informasi di Indonesia.

Marilah kita membuat account untuk masing-masing pada situs InetWiki http://wiki.detikinet.com.

Jawab:

Membuat account pada situs InetWiki sangat mudah sekali, kita dapat lakukan melalui beberapa langkah sederhana berikut,

Masuk ke InetWiki pada alamat http://wiki.detikinet.com. Tampian halaman Muka dari InetWiki tampak seperti Gambar 6.4.

Gambar 6.4 Tampilan Halaman Muka InetWiki http://wiki.detikinet.com

Pada halaman utama InetWiki terdapat menu “create account” atau membuat account baru di pojok kanan atas. Menu membuat account baru ini menjadi penting karena untuk membuat tulisan di InetWiki anda perlu mempunyai username dan password sebelum dapat menulis di InetWiki.
Bagi anda yang sudah mempunyai account dapat langsung memilih menu “Login” yang berada di sebelah “create account” untuk masuk Login ke InetWiki.
Marilah kita membuat account baru di InetWIki. Klik pada menu “Create Account”. Pada halaman Login yang kemudian di tampilkan pilih lagi menu “Create an account”.
Halaman untuk membuat account baru akan ditampakan seperti pada Gambar. Pada halaman untuk membuat account baru kita cukup memasukan
  • Username : username yang kita inginkan.
  • Password  : password yang kita inginkan.
Untuk e-mail dan Real Name sifatnya tidak wajib di isi. Kita tetap dapat menulis di Wiki tanpa perlu memasukan e-mail dan Real Name. Sebaiknya bagi anda yang mempunyai e-mail tetap mengisi e-mail-nya.

Membuat Account Pada InetWiki.

, tukang cukur rambut yang mencukur rambutmu setiap bulan, atau mungkin angkot yang biasa kamu pakai ke sekolah setiap hari. Tentunya hal yang menarik tidak harus berupa manusia, dapat juga tentang anjingmu atau binatang peliharaanmu, atau bunga atau tanaman dan masih banyak lagi.
Setelah semua diisikan dengan benar, tekan tombol “Create account” untuk mengaktifkan account di InetWiki. Selanjutnya kita dapat login dan masuk ke InetWiki untuk dapat berpartisipasi dan menulis di dalamnya.

CONTOH 6.3 MENULIS DI WIKI

Pada latihan ini kita akan mencoba menulis sebuah informasi atau pengetahuan di Wiki. Kita sebaiknya tidak menggunakan Wikipedia untuk keperluan ini, karena kita masih dalam taraf belajar untuk menulis di Wiki. Untuk keperluan ini kita menggunakan INetWiki yang berada pada alamat http://wiki.detikinet.com yang merupakan salah satu kontribusi DetikINet http://www.detikinet.com kepada masyarakat IT Indonesia.

Mari kita menulis tentang hal menarik di sekelilingmu. Untuk keperluan menulis ini, cobalah perhatikan sekelilingmu. Apa yang menarik dari sekitar mu? Dapat saja berupa kehidupan tukang ngamen di jalanan, tukang sate yang lewat rumah mu di malam hari, toko yang menjual mainan yoyo tidak jauh dari rumahmu
Coba perhatikan mereka, coba tanyakan pada mereka akan usaha yang mereka lakukan. Gali aktifitas yang menarik yang mereka lakukan. Tulis di kisah menarik mereka dalam beberapa paragraf di situs InetWiki http://wiki.detikinet.com.

Jawab:

Setelah observasi dilakukan dan kita siap untuk menulis di Wiki. Kita perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk dapat menulis di InetWIki. Langkah sederhana tersebut adalah,

Terlebih dulu, kita harus login ke InetWiki pada pada menu login yang ada di ujung kanan atas dari halaman muka InetWiki sehingga menampilkan Gambar seperti di bawah ini.

Login ke InetWiki

Setelah kita sukses login ke InetWik biasanya akan di tampilkan tulisan “Login successful”.
Selanjutnya, klik halaman utama “Main Page”.

Untuk memulai menulis artikel di Wiki, cara yang paling sederhana adalah,

Ketik judul artikel yang kita ingin tulis di bagian Search, misalnya, “Angkot di Kota Kembang”. Kemudian tekan tombol Go seperti di tampilkan pada Gambar.

Memasukan “Judul” ke kolom Search.

Biasakan akan minimal ada dua (2) kemungkinan yang akan di berikan oleh InetWiki. Jika judul tersebut belum ada maka biasanya diberitahukan dengan kalimat yang bunyinya “There is no page titled "Judul Artikel Anda". You can create this page.” Kita dapat mengklik “create this page” untuk mulai menulis, seperti ditampakan pada Gambar 6.8.

Jika ternyata sudah ada judul yang anda masukan, maka biasanya kita akan langsung masuk ke artikel tersebut. Jika ada kata yang kita masukan disearch terdapat dalam beberapa artikel maka akan diberitahukan di artikel mana saja kata tersebut berada. Kita dapat memilih artikel yang akan kita edit atau kita baca dari pilihan yang ada.

Hasil pencarian yang menunjukan bahwa artikel belum ada, dan kita dapat membuat artikel tersebut.

Setelah diklik “Create this page”, maka InetWiki akan secara automatis memberikan menu untuk memulai menulis artikel yang ingin kita buat.
Pada menu pembuatan tulisan ada beberapa menu pembantu untuk memformat dan mempercantik tulisan, seperti, membuat huruf besar, huruf bold, menambahkan alamat Web, memasukan gambar dsb. Bagi kita yang masih pemula, mungkin tidak terlalu penting untuk membuat tulisan yang cantik, yang lebih penting adalah isi tulisan harus baik.
Setelah seluruh tulisan selesai ditulis, kita dapat “scroll” layar ke bawah. Di bagian paling bawah dari fasilitas menulis artikel ini terdapat tombol “Save Page”. Tekan tombol “Save Page” untuk menyimpan artikel yang kita tulis di InetWiki.'

Selesai sudah semua proses penulisan artikel di Wiki. Mudah bukan?

Oleh: Onno W. Purbo
Fasilitas Menulis Artikel di Wiki.

Sumber: CBN


0 komentar:

Posting Komentar